Saturday 24 December 2011

save the world by being a vegetarian

jadi vegetarian yuuuuk!



Desember ini saya mencoba pola hidup sehat. Jadi vegetarian ! mencoba mengkomsumsi makanan dari tumbuh – tumbuhan saja, tidak ada daging dan unggas.
Ada banyak alasan orang memutuskan untuk menjadi vegetarian. Antara lain:

1.       Panjang umur !
Menurut penelitian, orang yang hanya mengkomsumsi nabati akan lebih sehat,  panjang umur  dan awet muda. Antioksidan dalam buah dan sayur pun dapat mencegah  penyakit jantung  dan diabetes.. Efek baik lainnya yaitu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi, dan mencegah hipertensi pada orang normal. Selain itu efek yang bisa dirasakan langsung  menyehatkan saluran pencernaan.
2.   
    Ingin cantik !
Dengan menjadi nabatiwan, wanita yang telah memasuki menopause akan berkurang resiko kanker rendometrium dan kanker payudara dibanding wanita dengan diet normal.  Serat  dalam nabati pun dapat membuat kulit halus dan bersih.

3.       Cinta kepada binatang.

4.       Agama dan kepercayaan

5.       Mengurangi pemanasan global

Nah, kalau saya pribadi, alasan memutuskan mencoba jadi vegetarian karena: pertama biar keren! Xaxaxaxaxxa, ga sih... soalnya saya pengen panjang umur a.k.a ga cepet mati. Sama mengurangi global warming, karena saya ga suka dengan iklim yang semakin panas ini. Hiks.

Trus apa hubungannya jadi vegetarian dengan Global Warming???
Soalnya industri peternakan menjadi salah satu penyebab global warming di bumi dan juga penyumbang  polusi yang besar, khususnya polusi udara. Selain dari industri, penyumbang besar naiknya iklim dunia dan polusi itu dari proses pembuatan makanan bagi hewan. Nah kalo nalar saya sih, semakin banyak orang yang menjadi vegetarian dapat mengurangi juga komsumsi daging dan unggas yang berarti dapat menurunkan juga industri peternakan.

Ada beberapa tipe Vegetarian (menurut tingkatannya)

1.       Semi-Vegetarian (pesca vegetarian)
Semi-Vegetarian, di samping makan makanan dengan bahan nabati. Kelompok ini juga mau makan ikan, daging, susu, dan telur. Jenis nabatiwan ini adalah kelompok yang paling rendah.

2.       Lacto-ovo-vegetarian
Lacto-ovo-vegetarian, tidak mengkomsumsi semua jenis daging. Namun selain mengkomsumsi  makanan yang terbuat dari bahan nabati , juga masih mengkomsumsi susu atau telur juga (produk dari hewani)

3.       Lacto-vegetarian
Lacto-vegetarian, tidak mengkomsumsi semua jenis daging (daging merah, daging unggas, daging ikan) dan telur.  Namun masih tetap dapat mengkomsumsi susu.

4.       Ovovegetarian
Ovovegetarian, kelompok nabatiwan ini merupakan kebalikan dari Lacto-vegetarian. Tidak mengkomsumsi semua jenis daging dan susu. Namun masih tetap dapat mengkomsumsi telur.

5.       Vegan
Vegan merupakan kelompok nabatiwan yang paling ketat. Karena hanya mengkomsumsi bahan makanan dari nabati saja dan sama sekali tidak memakan hewan laut atau produk olahan hewani. Bahkan madu dari lebah pun dihindari. Saking ketatnya, para vegan juga menentang penggunaan produk non- makanan yang berasal dari hewan, seperti pakaian dan sepatu, dan produk yang diujicobakan pada hewan seperti beberapa jenis kosmetik dan obat-obatan..

Nah kalo sekarang saya termasuk yang ovovegetarian. Hmmmm .... tapi saya punya cita-cita menjadi vegan. Hehehehe. Semoga saja !

Beberapa tipe vegetarian yang lain:

1.       Flexitarian
Merupakan tingkatan yang banyak memberikan kelonggaran karena jenis ini masih boleh mengkonsumsi daging dan produk olahannya sekali-kali.

2.       Frutarian
Hanya makan buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang kaya vitamin E dan berguna untuk kecantikan kulit dan membuat awet muda.

3.       Raw Foodist
Hanya mengkonsumsi makanan mentah, karena proses memasak dianggap dapat merusak hal alami yang ada.

Tertarik untuk mencoba???? Banyak manfaatnya lho... hehehehe


1 comment:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE

    ReplyDelete