Wednesday 12 October 2011

CERPEN "es krim coklat is enought"


Es Krim Coklat is Not Enought

“ Aku memang aneh !” teriak  Tania pada bayangannya sendiri.
Sudah hamper sepuluh menit Tania memandangi dirinya sendiri di depan cermin. Matanya menatap tajam wajahnya yang sebenarnya cantik itu. Rambut hitamnya terurai sebahu. Hidungnya yang mancung membuatnya terlihat semakin cantik.
                “ Tapi kenapa aku diputusin????? Perasaan aku ga jelek – jelek amat….huuuaaaaaaa.” mimik wajahnya langsung berubah. Keluhannya terhenti setelah mendengar suara mama yang menyuruhnya untruk segera bersiap berangkat sekolah karena jam sudah menunjukan pukul 06.15. dan saat itu juga Tania belum melaksanakan mandinya, padahal jarak dari rumahnya ke sekolah cukup jauh.
                Dengan muka lusuh dan berjalan setengah menyeret, Tania menuruni anak tangga rumahnya. Seragam putih abu sudah dikenakannya dan tas hitam polos sudah bertahta di pundaknya.
                “ Lama banget kamu Tania! Ini sudah jam berapa??? Kamu pasti terlambat sekolah. Kebiasaan deh kamu… padahal udah dibangunin dari tadi pagi… ………………..” dan sebenarnya masih panjang omelan mama, namun tak dihiraukan Tania yang langsung bergegas berjalan ke luar rumah.
                “ Tania sarapan di sekolah aja mah.” Cuma itu yang dia lontarkan tanpa melihat kea rah mama. Tania langsung masuk dan duduk di samping kemudi mobil sedan yang sepertinya sudah menunggu Tania sejak 20 menit yang lalu. Seorang pria  40tahunan di sampingnya hanya geleng – geleng kepala melihat tingkah Tania.
                “ Udah siap Tuan Putri??”
Tania menoleh kea rah kemudi dengan muka ditekuk. “ Udah Pah.” Jawabnya singkat.
Mobil langsung meuju kea rah sekolah Tania. Dan tepat sekali, gerbang sudah ditutup. Dengan malas – malasan Tania turun dari mobil dan berjalan santai ke dalam sekolah. Di derpan gerbang dia harus menyiapkan sebuah kebohongan untuk meloloskan diri dari satpam. Ijin masuk sekolah sudah didapat. Tapi hukuman masih menunggu. Menyapu lapangan basket. Terdengan bodoh di telinga Tania. Tapi itulah yang harus dilakukannya.
Tania berjalan kea rah lapangan basket yang terletak di tengah sekolahnya. Dia melewati lorong sendirian. Harus melewati deretan ruang kelas X1 dan sebuah lab bahasa untuk sampai di lapangan. Disana sudah ada beberapa siswa yang juga melaksanakan tugas yang sama dengan Tania. 3 siswa sudah berdiri di lapangan tengah sibuk membersihkan daun – daun kering yang mengotori lapangan.
“ Sial… kenapa ada dia!!!! Ah shit….!!!!” Tania mengumpat dengan ekspresi kesal menghiasi wajahnya. Tapi dia tetap melangkah ke lapangan walaupun dengan berat hati dan perasaan kesal. Dengan cuek dia langsung melaksanakan tugasnya.
Seorang cowok jangkung mendekatinya. “ Tan, …” baru hendak bicara Tania langsung memotong.
“ Apa.. udahlah..lagi males ngomong….” Tanpa memperdulikan cowok itu, dia pergi menjauh. Cowok itupun tau diri Tania sangat males melihat wajahnya, dia pun tak mengejar Tania dan mengurungkan niat semulanya untuk bicara.
Selesai melaksanakan hukuman, Tania masuk ke kelas. Begitu pula 3 siswa yang dihukum bersamanya tadi, masuk ke kelasnya masing – masing.
“ Sial.. gue ketemu Andrew tadi Dis…” ucap Tania pada teman sebangkunya.
“ Kok bisa? Dimana?”
“ Kita telat, dihukum bareng. Dia tadi mau ngomong. Tapi gue males” Tania menyandarkan kepalanya ke atas meja. Wajahnya terlihat sangat BT.
“ Kok loe ga dengerin apa yang mau dia omong sih Tan?”
“Gila aja.. males deh.. mau ngomongin apa lagi?? Alas an dia mutusin gue?? Udahlah.. dah cukup dia bikin hari – hari gue jadi males kaya gini. Hiksss….”
“ Ah lebay loe Tan.. putus cinta aja sampe kaya gitu… kaya ga ada tujuan hidup loe…” Obrolan mereka terhenti setelah Bu Ani guru pelajaran ke-2 masuk kelas.
Sepulang sekolah Tania ngumpul dulu sama genk’nya di deket lapangan basket.
“ Cieee yang lagi patah hati..mukanya  ditekuk terus… hahahaha” temen – temen yang lain ikutan mencela. Tania Cuma diem sambil memasang wajah tanpa ekspresi. Temen – temennya pada godain. Namun yang jadi tokoh utama maish aja Cuma pasanga wajah cemberut.
“Ah loe pada ga ngerasain jadi gue… sedih taukkk…hiks… emank gue kurang apa sih..”
“ Kurang tinggi… hahahaha” 4 cewek yang sedari tadi heboh berujar kompak.
“ sialan …huhhh”
“ Tar liat tanding basket yuk.” Ajak Disty yang diikuti anggukan yang lain..
“ Siapa tau loe dapet gebetan baru Tan…” Rini menimpali.
Tania Cuma mengangguk tanpa jawaban keluar dari bibirnya. Dia pun melangkah gontai ke parkiran diikuti yang lain. Rini yang biasa pulang bareng Tania berjalan disampingnya. Di mobil Rini, Tania baru bisa cerita banyak. 30 menit perjalanan pulang dia pake buat sesi curhat.
“ Rin gue sakit banget diputusin Andrew. Gue jadi males ngapa – ngapain. Gue tu saying banget sama dia. Tapi dia tega putusin gara – gara dia bilang gue ga dewas. Emank iya ya.hikss….”
Riny harus membagi konsentrasi menyetirnya dengan menanggapi curhatan sahabatnya itu.
“ah elo lebay Tan, udahlah cowok masih banyak. Move On girls! Loe cantik, di luar sana masih banyak cowok yang bisa nerima loe apa adanya termasuk sifat loe. Andrew bukan akhir segalanya.”
“caranya gimana??? Move On itu susah!!!”
“ Ya loe cari kesibukan biar lupa. Lakuin semua yang loe suka. Shopping, makan coklat, jalan – jalan atau apalah.”
“ Udah… gue dah berhari hari shopping.. makan terus.. es krim terus.. tapi is not enough!!!!” ekspresi kesal, kecewa, sebel bercampur jadi satu di wajah Tania. Rini hanya menjawab curhatan Tania dengan tawa terbahak.
“ Sialan malah ketawa…” gerutunya sembari menepok pipi cewek berambut panjang disampingnya itu.
Sore hari cewek – cewek kelas X1 itu dah ada disekolah lagi buat nonton basket. Andrew ada disana. Tania berusaha cuek dan bersikap biasa. Walaupun dia tahu Andrew sedari tadi perhatiin dia. Mereka udah pacaran hamper setahun. Pedekate diawali waktu Tania MOS, dan harus minta tanda tangan anggota basket kakak kelasnya. Dan saat itulah Andrew mulai terpikat sama adik kelasnya itu. Pedekate yang lumayan lama 4 bulanan, akhirnya memantapkan mereka berdua buat pacaran. Tania yang manja banget mungkin sedikit ngebosenin buat Andrew, cowok cool yang mandiri itu. Andrew emank ga tajir banget. Tapi badannya yang keren, wajahnya yang indo sama sikapnya yang cool sama cewek, bikin cewek – cewek dari yang sepantaran sampai adik kelas bakalan melihat ke arahnya minimal 3 detik kalo lagi papasan.
Andrew ga bisa disalahain sih. Soalnya Tania emang manja banget dan masih kaya anak kecil. Walaupun sebenarnya dia baik banget, ceria dan lucu. Tapi mungkin emang ga cocok sama Andrew yang mandiri dan dewasa.
Saat lagi asyik bercanda sama Disty dan yang lain, Andrew nyamperin Tania buat ngajak ngomong berdua. Tania yang dibujukin temen – temennya akhirnya mau .
“ Sorry ya Tan buat semua.” Andrew mengawali obrolan. Wajah Tania datar. Tapi sebenernya dalam hati dia berharap banget Andrew bakalan minta maaf trus ngajakin balikan. Tapi dia tahu its imposible buat cowok kaku dank eras pendirian kayak Andrew.
“ Iya. Mau loe apa.” Tania sok bersikap cuek. Padahal hatinya ngarep banget mantannya itu mengungkapkan cinta lagi.
“ Mau gue loe biasa aja. Jangan menghindar. Kita jadi kaya musuh. Pengen sahabatan Tan. Atau kakak adik lah. Seenggaknya kita pernah sangat dekat. Dewasa dikit Tan.” Hati Tania berkcamuk. Kecewa banget dia denger itu. Dia masih diam. Ga tau mesti jawab apa. Dia sadar sih sikap ngambegnya itu harusnya ga diperlihatkan.
“ Lagian abis iini gue mau kuliah di Malaysia Tan. Ga mungkin juga LDR. “ Tania sedikit kaget denger rencana kuliah Andrew. “ mampus bakalan ga ketemu lagi sama ni cowok.” Batinnya dalam hati. Apalagi sekitar 2 bulan lagi, Andrew bakalan lulus. Dan itu akhirnya secepat itu pula dia bakalan ga liat wajahnya utuk beberapa saat yang lama.
“ Gue saying loe Tan. Tapi sekarang gue lebuh pengen anggep lo adik.” Andrew mengusap rambut cewek mungil disampingnya itu. Tania menyandarkan kepalanya di bahu Andrew. Dia menahan tangis. Dan Andrew masih menenangkannya dengan mengusap lembut dahi cewek itu.
“ Ya udah Ndrew.. gue berusaha nerima. Sory sikap kemarin – kemarin yang childish banget.” Tania mengangkat kepalanya dan senyum manis menghiasi bibirnya.
“ Nah gitu donk.. “ Andrew tersenyum lega. Mereka berdua pun melanjutkan ngobrol dan Tania, berusaha mengikhlaskan Andrew. Entah mengapa sikap Andrew yang sangat dewasa itu bisa meluluhkan egonya. Hamper satu jam ngobrol, Andrew cabut ke lapangan buat tanding. Dan Tania balik ke temen – temennya dengan wajah ceria. Entah mengapa dia bisa mengiklaskan Andrew dan menerima keputusannya.
Temen – temen bahas wajah Tania yang udah ga sedih lagi. Senyum terus menghiasi wajahnya. Sambil cengingisan dia bilang apa aja yang diobrolin sama Andrew.
“ baguslah kalo loe bisa nerima. Harusnya emang dari kemarin loe gitu. Toh keputusan Andrew khan ada alasannya. Bukan karena pihak ke3 khan.”  Ujar Disty serius
“ Nah mulai sekarang loe harus ceria lagi. Sapa tau cinta baru segera dating. Ga ada lagi galau. Ga ada lagi pelampiasan shopping, coklat, es krim dan lain – lain. Hahahaha” rini setengah mencela .
Sambil cengar cengir Tania menjawab santai “ iya donk,, gue ga bakalan kaya du…..” Plak!!! Tiba – tiba bola basket terlempar keras mengenai lengan Tania. Seorang cowok putih berambut sedikit tebal menghampiri bola itu. Mereka sempat bertatapan. Cowok anak kelas X itu memandang dan tersenyum pada Tania yang bengong. Setelah mengucapkan maaf sembari mengangguk cowok itu berlalu balik ke lapangan. Tania masih memandangnya yang berlari kecil ke arah lapangan. Tiba – tiba cowok itu memalingkan wajahnya ke belakang, memandang Tania dan tersenyum.
Tania terperanjat, hamper 7 detik mereka bertatapan, dan
“ Ya ampun cakep banget.. itu tadi siapa?? Adik kelas ya?? Ya ampun lucu banget.” Ujar Tania heboh pada teman – temannya sesaat setelah cowok itu kembali pada permainan basketnya.
“ Oh My God….!!!! Tania!!!!” ujar ke 4 cewek itu. Secepat itu perasaan Tania berubah.
“ Dasar Ababil…AbEGE Labil….hahahahaha” tawa mereka lepas. Keceriaan kembali terpasang di wajah Tania. Dan  Patah hati hanyalah masa lalu.  




2 comments:

  1. mbak agnes ceritanya bagus! tp syg ada beberapa tulisan yg salah ketik .. lain kali jgn di ulang i ya... hee
    btw, tania sekolahnya dmana yaa ??? hahaha

    ReplyDelete
  2. terimakasih koreksinya
    maaf file lama.... itu bahasa saya waktu masih SMA... hahahahhaaa

    ReplyDelete