Saturday 22 October 2011

Ini Dia Pestanya Institut Seni se-Indonesia!

Opening Pameran Seni Rupa FKI VII-2011
by: agneshia christa

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta tengah mendapat kebanggaan untuk meggelar FESTIVAL KESENIAN INDONESIA VII-2011 yang dilaksanakan tanggal 14-16 Oktober 2011. Festival dua tahunan ini mengusung tema “THE VOICE OF ARCHIPELAGO”.yang berarti sebagai resonansi dimensi kebudayaan negara kepulauan yang terletak diantara benua Asia dan Australia. Adapun materi festival pada tahun ini antara lain pertunjukan terbaik dari berbagai Perguruan Tinggi Seni, pertunjukan karya seni seperti pentas music etnik,, Pemutaran Film, Pameran, Workshop, Seminar, dan bazar.
Opening Pameran Seni Rupa sendiri telah dilaksanakan Jumat, (14/10) di Mojosongo Art Galerry, Kampus II ISI Surakarta. Opening yang dimulai pukul 09.00 pagi itu dihadiri oleh tamu undangan dan pecinta seni. Setelah sambutan dari panitia dan rektor, acara dilanjutkan dengan peresmian pembukaan oleh rektor ISI.. Acara pembukaan yang biasanya dilakukan dengan pemukulan gong, kali ini terkesan berbeda dengan secara simbolik menggoreskan cat di kanvas.
Selanjutnya hadirin dipersilahkan memasuki ruang pameran yang diadakan di lantai satu dan dua. Di lantai satu dipamerkan karya seni rupa dari ISI Denpasar, ISI Padang Panjang, IKJ Jakarta, STKW Surabaya, dan STSI Bandung. Karya seni rupa yang dipamerkan antara lain lukis, grafis, patung, desain interior, auto visual, fotografi, instalasi, diskomvis, new media arts dan seni kriya.
Sedangkan di lantai dua dipamerkan karya seni rupa dari ISI Jogjakarta dan ISI Surakarta. Memasuki ruangan di sisi kiri, disambut karya seni Acrylik di atas kanvas dengan ukuran besar 375 cm x 125 cm karya Irul Hidayat, mahasiswa ISI Surakarta. Lukisan dengan judul “Fanatisme dan Pesan Damai Anak Bangsa” tersebut terlihat sangat “Indonesia” dengan nuansa merah putih dan sarat dengan Nasionalisme. Para penikmat seni di ruang pameran pun dimanjakan dengan iringan musik karawitan dari ISI Surakarta.
Karena jumlah karya seni yang dipamerkan sangat banyak, maka pameran yang akan berakhir pada Minggu (16/10) itu juga dilangsungkan di Balai Sujatmoko, Monumen Pers dan Taman Budaya Surakarta. Selain pameran seni rupa, masih ada beberapa materi Festival yang juga akan dilaksanakan selama tiga hari di kampus I ISI Surakarta.
Festival dua tahunan ini dikatakan sukses karena persiapan maksimal telah dilakukan ISI Surakarta dari pertengahan tahun ini. Selain karena Festival Seni ini tingkat Nasional yang melibatkan Perguruan Tinggi Seni se-Indonesia, terakhir kali Solo menjadi tuan rumah adalah tahun 1998 lalu. Acara yang didukung oleh Kementrian Pendidikan ini diharapkan mampu menyiapkan bagaimana kesenian dapat mendorong perkembangan ekonomi.

2 comments:

  1. makane kemana2 bawa kamera.. ternyata wartawan to..

    ReplyDelete
  2. Tulisanya bagus'.. Akan lebih menambah 'greget' pembaca jika di sertai foto tentang artikel.. :)Good Job.. Keep writing!!

    ReplyDelete